Tanda Anak Alami Masalah Pencernaan

Sabtu, 06 Mei 2017 - 17:12 WIB
Tanda Anak Alami Masalah...
Tanda Anak Alami Masalah Pencernaan
A A A
JAKARTA - Saluran cerna merupakan organ imunitas terbesar dan memiliki banyak fungsi, termasuk mengolah gizi. Hal ini berperan penting pada pertumbuhan otak dan penunjang tumbuh kembang anak. Sebab, saluran cerna yang sehat merupakan salah satu kunci penting untuk pertumbuhan si kecil.

Untuk itu serat yang terkandung dalam buah dan sayur menjadi penting. Tidak saja untuk anak juga orang dewasa. Jika kebutuhan serat tidak terpenuhi, hal itu bisa menyebabkan berbagai macam penyakit . Salah satunya gangguaan pencernaan yang membuat anak akan mengalami gangguan Buang Air Besar (BAB) atau biasa dikenal sembelit.

Dr Herbowo FA Soetomenggolo Sp A mengatakan ciri anak yang mengalami gangguan sangat mudah untuk dikenali, di antaranya anak sudah mulai jarang BAB dalam sepekan.

"Jadi gampang mengenai anak yang mengalami gangguan sembelit. Biasanya anak sembelit lebih dari tiga kali sehari itu, dia enggak buang air besar. Padahal normalnya setiap hari memang harus buang air besar," kata Dr Herbowo di Jakarta.

Bentuk tinja yang keras saat dikeluarkan anak merupakan gejala bahwa anak mengalami masalah pencernaan. Tinja yang normal berbentuk halus dan mudah dikeluarkan serta tidak membuat anak menangis saat mengeluarkannya.

Nah, untuk mencegah masalah pencernaan pada anak, para orang tua harus memberikan serat yang terkandung pada buah dan sayur. Dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM )

"Yang terbaik itu setiap hari BAB, tapi ada yang literarur mengatakan bahwa normal ini empat sampai lima kali BAB. Nah, kebutuhan serat itu sangat penting itu ada kebutuhan dari BPOM 30 per gram per hari kalau luar negeri itu 26 per gram," tukasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0736 seconds (0.1#10.140)